Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Sistem Jaringan Internet

0 0

Sponsor_Side_01

A. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan akses informasi dari berbagai tempat antar komputer yang satu dengan komputer lain.

B. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Sponsor_Side_01

Berdasarkan jangkauan wilayahnya:

1. LAN

Sponsor_Side_01

Local Area Network sering kita jumpai di wilayah perkantoran, kampus, maupun warnet. Jaringan ini dapat dapat menghubungkan lebih dari dua komputer di ruangan jarak dekat (terbatas) hingga beberapa km saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lain nya.

2. MAN

Metropolian Area Network sesuai dengan namanya, maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transera data pun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang dapat menjadi cakupannya bersekitar hingga 50 km. MAN ini merupakan Rangkaian LAN yang berukuran dan jarak lebih besar.

3. WAN

Wide Area Network jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding MAN yaitu dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

Sumber: LKS TIK kls 9 semester ganjil

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More