Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Mengenal Perangkat Keras Komputer (Input, Process, Output)

12 2

Sponsor_Side_01

Seperti yang kita ketahui, saat ini komputer banyak kita jumpai di berbagai tempat. Komputer menjadi sebagian penting dan berpengaruh dalam kehidupan manusia. Hal ini memang dikarenakan dari fungsi dan manfaat dari komputer itu sendiri. Komputer banyak digunakan dalam berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan mempersingkat waktu pengerjaan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah banyak menggunakannya sebagai media bermain dan belajar.

Dari segi bentuk nya, Komputer merupakan searangkaian Mesin elektronik yang terdiri atas ribuan atau jutaan komponen yang saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja sehingga mampu mengolah, menyimpan, dan menyajikan informasi.

Komputer terdiri atas dua bagian besar, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer yang dapat dilihat, dipegang, dan dipindahkan.

Sponsor_Side_01

A. Perangkat Keras Masukan (Input Device)

Perangkat keras masukan adalah perangkat komputer yang digunakan untuk mengubah suatu data yang dapat diterima di dalam komputer.

Adapun fungsi perangkat masukan adalah :

  1. Untuk memasukan data dan program komputer
  2. Menerjemahkan kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer
  3. Mengirim data yang sudah berbentuk bit ke dalam media penyimpanan.

Berdasarkan sifatnya, perangkat keras masukan dibedakan menjadi :

  1. Perangkat masukan langsung, yaitu input yang dimasukan langsung diproses. Contohnya keyboard, mouse, touch screen, light pen, dan scanner.
  2. Peralatan masukan tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya disket atau harddisk.

Beberapa perangkat masukan antara lain :

  • Papan Ketik (Keyboard)

Keyboard adalah suatu peralatan masukan yang menyerupai mesin ketik, merupakan alat untuk memasukan data atau perintah kepada komputer

 

  • Mouse

Mouse (Tetikus) adalah alat yang digunakan untuk menempatkan insertion point/ Kursor dengan cepat pada teks atau naskah. Selain itu mouse juga digunakan untuk memilih ikon-ikon (menu) dalam menjalankan perintah-perintah.

 

Sponsor_Side_01

  • Touchpad atau Touchcreen

Touchpad atau biasa disebut trackpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri atas permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dari posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad digunakan untuk menggantikan mouse.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah untuk kenyamanan pemakaian mouse, yang sebelumnya pemakaian mouse memelurkan area sendiri.

 

Baca Juga : Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Scanner

Scanner digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning tersebut berupa file gambar atau pdf.

Saat ini, scanner tidak hanya digunakan untuk memindai foto atau gamabar, tetapi digunakan juga untuk memindai teks. Kita dapat menscan teks, kemudian dengan bantuan Omni Pages, kita dapat mengubah file gambar yang dihasilkan scanner menjadi dokumen. Selanjutnya kita dapat mengedit teks di file dokumen tersebut.

 

  • Peralatan Multimedia

Kemajuan teknologi multi media saat ini memungkinkan kita menghubungkan peralatan-peralatan multimedia dengan komputer. Beberapa peralatan multi media yang dapat dihubungkan dengan komputer antara lain : mikrofon (suara), kamera (gambar), dan video (gambar bergerak dan suara).

Umumnya, peralatan multi media dilengkapi media pengimpanan yang dapat menyimpan data dalam bentuk digital. Data-data tersebut kemudian dapat dipindahkan dengan menggunakan peralatan multimedia dengan komputer melalui kabel.

 

Demikian sedikit penjelasan dan contoh dari perangkat keras komputer masukan atau Input Device, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Next >>B. Perangkat Keras Komputer Pemroses (Process Device)

Sumber : Buku Siswa SMP Kelas VII Bab I Semester 2
Sumber Gambar : Google

 

12 Comments
  1. Siti Nurlia says

    Sangat bagus,,,

    1. administrator says

      Oke..

  2. Roli Nurlita says

    Bagus pak,,

    1. administrator says

      Oke Terimakasih..

  3. Rini Melani says

    Nice..

    1. administrator says

      Oce..

  4. Siti Jubaedah says

    Baguss

    1. administrator says

      Ok..

  5. Ita Rosita says

    Baguss,,,,,

    1. administrator says

      sipp…

  6. YanaYanot says

    MantapPak.

    1. administrator says

      oke sip..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More