Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Maca-macam Penyelenggara atau Penyedia Jasa Layanan Internet

0

Sponsor_Side_01

  • Penyedia jasa internet (PJI ) / Internet service provider (ISP)

Adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

  • Nama domain (domain name)

Sponsor_Side_01

Adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server dijaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contoh nya “wikipedia.org”. Nama domain kadang kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

  • Hosting (layanan hos internet)

Sponsor_Side_01

Adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan  sehingga memungkinkan organisasi atau individu  menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, E-MAIL, atau DNS.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan disini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Penyelenggara jasa internet di Indonesia tergabung dalam suatu wadah yang dinamakan Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia (APJII).

Berapa contoh ISP, adalah:

  1. Telkom Speedy/ IndiHome
  2. Astinet
  3. M2
  4. Centrin
  5. Provider seluler lainnya.

Demikian Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.