Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

0

Sponsor_Side_01

Saat kita mengakses internet kadang terasa cepat dan terasa lambat. Banyak faktor yang memengaruhi kecepatan akses internet tersebut. Koneksi internet menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeda.

Faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan akses internet adalah:

1. Unit Komputer

Sponsor_Side_01

Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses internet karena di dalam komputer ada hardisk, RAM, dan processor yang berperan penting pada proses kerja komputer tersebut. Bila hardisk yang dipakai kecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu juga bila menggunakan RAM atau processor yang kecepatannya rendah, ini sangat memengaruhi kecepatan akses internet.

2. Modem

Modem juga sangat memengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai keceptan yang berbeda-beda. Modem yang sering di gunakan adalah modem yang berkecepatan 56 Kbps.

Sponsor_Side_01

3. Jaringan Komunikasi Yang Digunakan Untuk Akses Internet

Untuk mengakses internet kita bisa menggunakan layanan line telephone, CDMA, GPRS, dan satelit. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan yang paling rendah adalah menggunakan line telephone.

4. Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya di ukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang di sediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internetnya.

5.Jumlah Pengguna Yang Mengakses Server Secara Bersamaan

Kecepatan akses internet pada jam jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet bersamaan. Pada jam 08.00-15.00 WIB biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet di luar jam tersebut.

Sumber : Buku Siswa Kelas 9 TIK

Leave A Reply

Your email address will not be published.