Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Iman Kepada Hari Akhir

0 0

Sponsor_Side_01

A. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Hari akhir atau hari kiamat menurut bahasa adalah kehancuran atau kebangkitan. Sedangkan menurut istilah hari akhir adalah hari kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya, kemudian manusia akan dibangkitkan dari alam kuburnya untuk diminta pertanggung jawaban atas semua perbuatannya yang telah dia lakukan selama di dunia ini.

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat berarti meyakini adanya kehidupan yang kekal abadi setelah hancurnya alam semesta ini dan manusia akan mendapatkan balasan yang seadil-adilnya sesuai dengan amal yang telah dilakukannya selama di dunia ini. Iman kepada hari akhir merupakan dasar keimanan bagi setiap muslim karena termasuk rukun iman yang kelima.

Sponsor_Side_01

B. Macam-macam Hari Akhir

  • Kiamat Sugra (Kiamat Kecil)

Sponsor_Side_01

Kiamat surga, yaitu bagian kecil dari kerusakan atau kematian yang terjadi dan di alami oleh manusia, contoh: seperti matinya seseorang, gempa bumi yang dahsyat, banjir, dan bencana alam lainnya. Kematian bukanlah akhir dari segalanya, tetapi awal dari kehidupan baru yang lebih kekal, yaitu kehidupan akhirat. Setelah manusia mati,dia akan berada di alam barzah hingga datangnya hari kebangkitan.

  • Kiamat Kubra (Kiamat Besar)

Kubra berati besar, yang dimaksud kiamat kubra adalah berakhirnya seluruh kehiduapan makhluk yang ada di dunia ini secara serempak. Pada saat terjadinya kiamat kubra,segala sesuatu yang ada di dalam bumi ini akan hancur,kecuali Allah SWT. Pada hari itu Dia sebagai penguasa tunggal yang tetap kekal.

Berdasarkan Al-qur’an dan hadist tanda-tanda datangnya kiamat kubra, yaitu: kekacauan dan kejahatan merajalela, perbuatan maksiat merajalela, orang-orang beriman semakin sedikit sekali jumlahnya,dan timbulnya kejadian-kejadian ganjil, seperti keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, Dajjal, matahari terbit dari sebelah barat, dan sebagainya.

Sumber; Buku LKS pendidikan Agama Islam Kelas 9 Semester 1

Penerbit: Afiyah Yuliana Fajar, S.Pd.I.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More