Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Awal Masuknya Islam di Indonesia

0

Sponsor_Side_01

Islam masuk ke indonesia pada abad ke-1 hingga ke-5 H atau abad ke-7 hingga abad ke-8 M. Akan tetapi pendapat lain islam mengatakan islam masuk ke indonesia pada abad ke 13 M.

Adapula penyebaran agama Islam di indonesia melalui beberapa cara.

  1. Perdagangan
  2. Kultural
  3. Pendidikan
  4. Kekuasaan Politik
  5. Sosial {perkawinan}

Sponsor_Side_01

  • Perdagangan Islam masuk ke indonesia melalui perdagangan yang di bawa oleh para pedagang muslim yang tlah lama melewati jalur pelayaran indonesia. Para pedagang muslim membentuk komunitas khusus untuk para pedagang muslim. Disitulah mereka melakukan perdagangan juga menyampaikan ajaran islam.
  • Kultural Penyebaran islam di indonesia juga menggunakan media media kebudayan, sebagaimana dilakukan oleh pra Wali Sanga di pulau jawa. Misalnya Sunan kali jaga dengan pengembangan kesenian wayang.

Sponsor_Side_01

  • Pendidikan pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang paling strategis dalam pengembangan islam di indonesia. Datuk Ribandang yang mengislamkan kerajaan Gowa-Tallo dan Kalimantan Timur adalah keluaran pesantren Sunan Giri.
  • Kekuasaan Politik penyebaran islam di nusantara, tidak terlepas dari dukungan yang kuat dari para sultan. Di pulau jawa, misalnya kesultanan Demak, merupakan pusat dakwah dan menjadi pelindung perkembangan Islam. Begitu juga raja2 lainya di seluruh Nusantara.
  • Sosial (perkawinan) Para pedagang islam yang datang ke indonesia banyak yang menikah dengan perempuan pribumi, sebelum perkawinan berlangsung, para perempuan pribumi diminta mengucapkan 2 kalimat syahadat sebagai tanda menerima Islam sebagai agamanya.

sekian artikel dari saya mohon maaf bila ada kata yang salah, terima kasih.

Sumber: LKS Pendidikan Agama Islam kls 9 semester 1

Leave A Reply

Your email address will not be published.