Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Dunia Pendidikan Indonesia Saat ini, Kilas Balik dan Potret Pendidikan.

Faktanya, setiap kita jalan entah di trotoar, di manapun itu pasti kita tidak pernah melihat orang yang tidak memegang smartphone. Kalau para pengajar masih tidak mau mengubah pemikiran mereka, maka yang terjadi adalah benturan. Selengkapnya....

Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan



Salam sejahtera untuk kita semua semoga kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Pendidikan, kita memang sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut, yang identik dengan sekolah atau universitas, setiap anak atau mahasiswa setiap hari berangkat ke sekolah/ universitas dengan tujuan menuntut ilmu, mulai dari RA/TK sampai Perguruan tinggi/ Universitas, begitu dan terus begitu setiap hari sampai mendapat gelas lulus atau sarjana.
 

Dan kalau kita mengarah pada kata tersebut yaitu Pendidikan pasti isi pikiran kita akan mengarah pada proses di mana seorang guru mengajarkan sesuatu materi kepada para murid. Mengajarkan berarti memberi sesuatu ilmu atau menambah wawasan seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Definisi di atas adalah penjelasan mengenai pendidikan pada masa lalu dan bahkan sampai saat ini masih mengarah pada definisi tersebut, tapi tidak pada tahun ini.

Secara perlahan definisi pendidikan di atas diarahkan pada pola pendidikan yang lebih modern, di mana si Anak siswa/i tidak perlu lagi belajar di ruangan mereka bisa belajar di mana saja mereka mau, si Anak siswa/i tidak perlu lagi membawa buku-buku yang memberatkan mereka, mereka cukup membawa smartphone mereka karna buku sudah dalam bentuk e-book dan yang lebih menarik lagi si Anak siswa/i tidak perlu lagi membayar sekolah yang sangat mahal otomatis uang pendidikan mereka bisa dialihkan pada pengeluaran lain yang lebih bermanfaat.


Hal tersebut akan merambah di tahun ini dan tahun-tahun ke depannya. Anak-anak pelajar ini akan sangat dimanjakan oleh teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan. Dan suka atau tidak suka, pemerintah dan aparaturnya harus mendukung hal tersebut. Selain pemerintahan, sekolah-sekolah yang masih bertahan juga harus mendukung hal tersebut.

Dari pengalaman saya mengajar di dua sekolah yaitu di daerah Kabupaten Ciamis dan kebetulan saya juga mengajar pelajaran Informatika, walaupun sekolah yang kategorinya sekolah di daerah bukan sekolah di kota-kota besar, wajar kalau ada personal guru yang memiliki mindset atau pemikiran bahwa smartphone itu adalah musuh di dalam dunia pendidikan.

Memang tidak mudah untuk mengubah pemikiran tersebut dan butuh keterbukaan hati untuk kita belajar lagi mengenai perkembangan teknologi yang ada saat ini. Kenapa guru-guru ini harus mengubah mindset mereka?...


Faktanya, setiap kita jalan entah di trotoar, di manapun itu pasti kita tidak pernah melihat orang yang tidak memegang smartphone. Kalau para pengajar masih tidak mau mengubah pemikiran mereka, maka yang terjadi adalah benturan. Kalau terjadi benturan, otomatis proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Kalau kita bikin smartphone menjadi sahabat para siswa/i, hasil akan menjadi maksimal.


Dan sebetulnya di era sekarang ini teknologi itu sangat dibutuhkan guna ke cepatan dalam pengolahan data, apalagi setiap pendataan di sekolah sekarang berbasis Daring atau online diantaranya Dapodik dan aplikasi penjamin mutu pendidikan pun sudah berbasis online, maka dari itu sekarang di sekolah saya guna mengikuti perkembangan jaman, setiap ujian, baik penilaian tengah semester atau pun ujian akhir sekarang menggunakan online ataupun daring, setiap siswa mengerjakan soal-soal ujian di komputer atau pun tablet/ handphone.


Terlebih lagi untuk ujian nasional yang dilaksanakan itu sudah berbasis CBT atau Computer Based test menggunakan server local yang di syncronkan dengan server kemdikbud langsung.

Akhir kata, di tahun ini dunia pendidikan di Indonesia akan mengarah pada perkembangan teknologi seperti smartphone cs. Siswa/i akan sangat dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Banyak penyedia jasa pendidikan yang tentunya akan memanjakan para siswa/i tersebut.

Semoga saja Dunia Pendidikan di negara kita terus selalu maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Demikian semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Admin
Attarsya MyID


Asep P Kriswandi Noor

8 MyID Blogs posts

Comments