Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Usaha Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

0 1

Sponsor_Side_01

Assalamu”alaikum Wr.Wb.

Apa kabar semuanya.. Baiklah pada kali ini saya akan menjelaskan tentang” Usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia”

A. MELACAK DIPLOMASI INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL UNTUK MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

Sponsor_Side_01

Kedatangan Sekutu di Indonesia yang di boncengi NICA menimbulkan pertempuran di berbagai daerah. Kemudian inggris (Lord Kilem) berusaha mempertemukan Indonesia dan Belanda ke meja perundingan.

a. Pertemuan Soekarno – Vaan Mook

Pertempuran antara wakil-wakil Belanda dengan para pemimpin Indonesia diprakarsai oleh panglima AFNEI Letnan Jendral Sir Philip Christison pada tanggal 25 Oktober 1945. Indonesi a di wakili oleh soekarno, mohammad Hatta, Ahmad soebarjo, dan H. Agus Salim, dan Belanda di wakili oleh Van Mook dan Van Der Plas.

b. Perundingan Sjahir – Van Mook

Pertemuan -pertemuan yang diprakarsai oleh Letnan Jendral Chrstison selalu mengalami kegagalan. Akan tetapi pemerintah Inggris terus berupaya mempertemukan Indonesia dengan Belanda bahkan di tingkatkan menjadi perundingan. Untuk mempertemukan kembali pihak Indonesia dengan pihak Belanda, pemerintah Inggris mengirimkan seorang diplomat ke Indonesia yakni Sir Achilibald Clark Kerr sebagai penengah.

Sponsor_Side_01

Pada tanggal 10 Februari 1946 perundingan Indonesia-Belanda di mulai. Pada waktu itu Van Mook menyampaikan pernyataan politik pemerintah Belanda salah satu nya:

  • Indonesia akan di jadikan negara Commonweal berbentuk federasi yang memiliki pemerintahan sendiri di dalam lingkungan kerajaan belanda.

Selanjut nya pada tanggal 12 maret 1945, Sjahir menyampaikan usul balasan yang berisi antara lain:

  • Republik Indonesia harus di akui sebagai negara yang berdaulat

Federasi Indonesia-Belanda di laksanakan pada masa Tertentu dan urusan luar negeri dan pertahanan di serahkan kepada suatu badan fedarasi yang terdiri atas orang orang Indonesia dan Belanda.

Dan masih banyak lagi pertemuan pertemuan yang di laksanakan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Sikap kita sebaik nya belajar dari para pejuang dan aktif dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More