Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Sistem Organ Manusia

0 0

Sponsor_Side_01

Sistem organ merupakan bentuk kerja Sama antarogan untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lain.tanpa ada kerja sama dengan organ lain, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Manusia memiliki beberapa sistem organ, yaitu sistem pencernaan, sistem pernapasan/respirasi, sistem ekresi, sistem gerak, sistem reproduksi, sistem saraf, dll.

A. Sistem ekskresi

1. Pengertian sistem ekskresi

Sponsor_Side_01

Dalam proses metabolisme, dihasilkan zat-zat yang tidak di perlukan oleh tubuh. Zat-zat ini harus dikeluarkan dari tubuh karena dapat membahayakan tubuh. Proses mengeluarkan zat-zat sisa dari dalam tubuh disebut ekskresi. Sistem ekskresi pada manusia melibatkan organ ekskresi berupa ginjal, kulit, paru-paru, dan hati.

a. Ginjal

Ginjal merupakan alat ekskresi yang utama.di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak di dekat tulang-tulang pinggang. Ginjal orang dewasa beratnya kurang lebih 200 gram.ginjal berperan sebagai alat ekskresi dengan cara menyaring darah hingga zat-zat sisa yang terdapat didalam darah dapat dikeluarkan dalam bentuk air seni(urin).

  1. Struktur ginjal

Sponsor_Side_01

Apabila sebuah ginjal dipotong secara melintang maka akan tampak tiga lapisan, sebagai berikut.

  • Korteks

pada bagian korteks atau kulit ginjal terdapat glomerulus dan simpai/kapsul bowman. Glomerulus dan simpai bowman membentuk kesatuan yang disebut badan malpighi. Pada bagian inilah proses penyaringan darah dimulai. Badan malpighi merupakan awal dari nefron. Nefron adalah satuan struktural dan fungsional ginjal, tiap ginjal tersusun oleh kira-kira 1 juta nefron, dari badan malpighi terbentuk saluran yang menuju bagian medula (Sumsum ginjal).

  • Medula

Medula (Sumsum ginjal) tersusun atas saluran-Saluran yang merupakan kelanjutan badan malpighi dan saluran yang ada di bagian korteks.

  • Pelpis Renalis

pelpis renalis atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebagai penampung urin sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Sumber: buku lks IPA Terpadu kelas 9 semester 1
Penerbit: CV AVIVA

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More