Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Memilih antara Pesantren atau Sekolah Umum, Pelajari dulu ini.

8

Sponsor_Side_01

Pesantren atau Sekolah Umum

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita selalu ada dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin.

Kali ini saya akan sedikit berbagi, dan sedikit memberikan masukan bagi teman-teman yang mungkin ada yang galau atau dilema dalam memilih pendidikan, baik itu pendidikan Pesantren atau Pendidikan Umum.

Sponsor_Side_01

Sebagai umat manusia, pendidikan sangat lah perlu dan penting untuk kehidupan. Bawasannya dengan pendidikan sebagai bekal hidup untuk didunia pana ini sampai nanti di akhirat.

Sesuai dengan judul di atas, lalu bagaimana melanjutkan pendidikan, apa kita pilih pendidikan umum atau pesantren saja, sedangkan dalam menjalani hidup ini memerlukan bekal pendidikan untuk mencari nafkah atau penghasilan, disisi lain kita juga perlu bekal untuk di akhirat kelak.

Dibawah ini admin sedikit berbagi apa yang harus dilakukan atau harus memilih sekolah umum atau pesantren.

  • Niatkan setiap Kita menuntun Ilmu itu Ikhlas Ibadah Karena Alloh

Menuntut ilmu itu wajib, seperti disabdakan nabi Muhammad Saw : “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim” HR. Ibnu Majah no. 224″. Dan setiap kita menuntut ilmu itu ibadah tetapi tergantung niat, maka dari itu niatkan menuntut ilmu itu ikhlas ibadah karena Alloh.

  • Pilihlah Tempat Pendidikan Umum Yang Islami

Sponsor_Side_01

Jika bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah, maka saran kami adalah pilihlah sekolah-sekolah yang islami. Maksudnya sekolah yang mengedepankan ketauhidan atau keagamaan, dalam arti ketika kita memilih pendidikan umum maka pilihlah sekolah yang islami. Karena sekarang banyak sekolah-sekolah islami yang mengambil mata pelajaran pesantren, atau bisa saja mencari sekolah atau tempat pendidikan yang berbasis pesantren atau sekolah Plus Pondok Pesantren atau Madrasah. Kita bisa menempuh pendidikan umum sekaligus pendidikan Pesantren.

Baca juga : Jangan diambil Kecuali Telurnya

  • Sempatkan Waktu Untuk Ikut Pengajian

Seandainya tempat kita tinggal atau tempat menuntut ilmu atau pendidikan kita jauh dari lingkungan pesantren, usahakan carilah tempat-tempat pengajian terdekat, biasanya disetiap masjid jami itu suka mengadakan pengajian rutin mingguan. Ikutlah pengajian rutin itu, sebagai bekal kita diakhirat. Jangan mudah putus asa dalam mencari ilmu, niatkan ikhlas ibadah karena Alloh SWT.

  • Ikut Pengajian di Pesantren

Seandainya kita memilih untuk sekolah umum saja dan sekolah tersebut kurang dari pendidikan agama nya, harus diusahakan setelah pulang sekolah atau seminggu dua kali untuk datang ke pesantren terdekat Anda, karena di pesantren itu biasanya ada santri khusus yang tidak menginap ataupun mondok, bilang saja ke kiyai atau guru ngaji nya untuk ikut pengajian tanpa menginap saja, Insya Alloh itu bisa dengan catatan jelaskan alasannya.

  • Ikut Pendidikan Paket

Ketika kita akan fokus ke pendidikan pesantren ataupun mondok di pesantren, maka saran nya ikut pendidikan sekolah umum yang paket atau kesetaraan, selain kita fokus mondok di pesantren carilah tempat pendidikan paket kesetaraan agar kita bisa menuntut ilmu umum juga, karena selain ilmu agama, kita juga diwajibkan untuk menuntut ilmu umum juga. Jadi carilah ilmu dengan sungguh-sungguh tanpa ada paksaan ikhlas karena Alloh.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga kita lebih bijak dalam memilih tempat pendidikan. Perlu diingat, bahwa pendidikan Agama/Pesantren dan pendidikan Umum itu wajib kita laksanakan, sebagai bekal kita di dunia dan di akhirat kelak. Terima kasih semoga bermanfaat.

Wassalamu’alakium Wr. Wb

8 Comments
  1. Rosalinda says

    Sangat bagus,,,,,

    1. administrator says

      Terimakasih..

  2. Siti pauziah says

    Good

    1. administrator says

      Terimakasih..

  3. Siti pauziah says

    Bagus

    1. administrator says

      Terimakasih..

  4. Dini Sri Ramadani says

    Baguss

    1. administrator says

      Iya oke..

Leave A Reply

Your email address will not be published.