Website Blogger dan Media Informasi

Sponsor_B_02

Sponsor_B_02

Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Memulai Usaha

0

Sponsor_Side_01

Langkah Memulai Usaha

Setiap orang bisa membuka usaha atau memulai usaha, dan kini Anda harus memantapkan diri untuk membuka usaha sendiri. Mental Anda harus dipersiapkan matang-matang untuk menghadapai dunia baru “enterprenership”.

Pilihan usaha sudah harus terbayang di depan mata. Lalu langkah selanjutnya Anda tinggal mengkah satu tahap lagi, yaitu mempersiapkan pelaksanaan bisnis pilihan Anda.

Sponsor_Side_01

Persiapan Yang Dibutuhkan

Tak ada orang yang ingin gagal dalam berusaha. Namun kenyataannya 80% usaha baru bangkrut karena kurang pengetahuan. Sangat disayangkan sekali bukan. Agar tak salah melangkah, ada baiknya Anda yang ingin memulai bisnis mempersiapkan diri pada hal-hal berikut.

  • Konsep Produk dan Jasa

Pemahaman yang diperlukan adalah teknis produksi, pasar, dan prospek dari lingkungan yang terkecil hingga lingkungan yang terbesar. Carilah informasi dari A-Z berbagai hal produk atau jasa usaha yang akan Anda tekuni. Misaknya, bisnis pernak-pernik anak, memerlukan pengetahuan tentang tren dan kebutuhan anak, cara mengemas barang agar menarik serta cara menjual dan memasarkan kepada anak-anak dan orang tua.

  • Visi dan Misi Usaha

Visi dan misi merupakan penduan agar suatu usaha terus berkembang, tidak diam di tempat. Dalam berwirausaha, Anda harus memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis dengan terget tertentu. Misalnya, targetkan pada tahun pertama untuk mencapai break even point (BEP).

  • Perencanaan Bisnis

Perencanaan yang baik merupakan setengah langkah keberhasilan perjalanan bisnis. Dengan cara yang baik, langkah dan target bisnis lebih terarah dan fokus. Tulis lah rencana bisnis Anda dengan matang dan kuat. Secara statistik, kebanyakan kegagalan disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektif nya perencanaan.

Sponsor_Side_01

Merujuk pada konsep-konsep manajemen, paling tidak ada lima aspek yang penting dalam menjalankan usaha yang harus tercakup dalam rencana bisnis, yaitu:

  1. Deskripsi Usaha dan Perusahaan
  2. Pasar dan Pemasaran
  3. Operasional, Proses produksi, dan Layanan
  4. Keuangan
  5. Organisasi, Manajemen, dan Sumber daya manusia.

Selain itu, aspek-aspek lain seperti teknologi informasi, penelitian dan pengembangan serta hukum tentunya juga harus bisa memberi dukungan yang optimal.

  • Manajemen

Sistem manajeman yang buruk mengakibatkan biaya yang tudak perlu terbuang percuma, manajemen penglolaan keuangan dan pembiayaan juga penting untuk dipersiapkan. Sering kali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik, seperti kekurangan dana untuk membeli bahan baku dan alat-alat produksi.

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting, sebagai pemilik sekaligus pimpinan usaha, seseorang tidak perlu menjalankan segala sesuatu sendirian. Merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi, dan sistem dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat, kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses.

  • Pemasaran

Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apa pun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik, akan sangat sukar untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha.

Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber : 101++ Ide Jitu Peluang Usaha
Sumber Gambar : Google

Leave A Reply

Your email address will not be published.